Rabu, 10 Desember 2014

Analisis persaingan pertokoan di Senayan

Kembali berjumpa dengan blog saya ini yang isinya agak sedikit membingungkan dan tidak terarah hehehe..... Karena ini adalah blog saya, maka suka-suka saya....LOL. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membagikan sedikit lagi ilmu tentang analisis Persaingan (SWOT) pertokoan di Plaza Senayan..... Saya bersama dengan ketiga teman saya yaitu Willy Reynaldy, Budi Kadarmanto, dan Bryant Yuhindra pergi ke mall Plaza Senayan untuk melakukan analisis persaingan bisnis di Mall ini.
Sebelumnya apa sih SWOT???:/ SWOT adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, and Threat. Strength adalah kekuatan/keunggulan, Weakness adalah kelemahan, Opportunities adalah kesempatan/peluang bisnis, dan Threat adalah ancaman.

Strength/keunggulannya
Plaza Senayan merupakan mall yang sudah berdiri lama sejak tahun 1996 dan sudah memiliki 4 pesaing mall-mall besar yang berada di jalan Asia Africa Senayan juga. Akan tetapi Plaza Senayan masih tetap Eksis/terkenal sampai saat ini. Kenapa sih bisa begitu?? Kalian ingin tahu???
Hal ini dikarenakan Plaza Senayan memiliki keunggulan dari pesaing mereka.
Keunggulan pertama yaitu karena Plaza Senayan sudah berdiri sejak tahun 1996 sehingga Plaza Senayan sudah memiliki citra baik sebagai Mall Elite di kawasan Senayan dan sudah memiliki banyak customer setia
Keunggulan kedua yaitu Plaza Senayan memiliki stand toko-toko yang menjual barang mewah dan branded. Kami sempat mengambil foto-foto stand toko yang ada di Mall Plaza Senayan, contohnya
TWG menjual minuman Tea berkualitas dengan harga yang berkualitas juga



Michael Kors menjual pakaian, tas yang berkualitas dengan harga berkualitas tinggi


Cartier menjual perhiasan-perhiasan yang mewah dengan harga mewah
Royal Selangor menjual lukisan-lukisan indah yang harganya mahal
Hampir semua toko yang ada di Plaza Senayan menjual barang branded dengan harga yang WOW juga.
Keunggulan Ketiga adalah pada Plaza Senayan terdapat 2 departemen store yaitu SOGO dan Metro

Weakness/Kelemahan
Plaza Senayan selain memiliki keunggulan juga memiliki kelemahan. Semua hal di dunia ini pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Jadi wajar ketika kita menemukan kelemahan pada sebuah Mall. Kelemahan pada Mall Plaza Senayan adalah barang-barang yang dijual hampir semuanya adalah barang mahal sehingga bagi masyarakat menengah yang berkunjung ke Mall ini akan sedikit mengalami kekecewaan karena tidak dapat membeli.

Opportunities/Kesempatan/Peluang
Peluang bisnis yang diberikan oleh Mall Plaza Senayan menurut saya adalah pendapatan yang tinggi. Di Mall Plaza Senayan terdapat banyak stand yang menjual pakaian, tas, dan sepatu. Ketika seorang pebisnis dapat menciptakan produk yang unik yang berbeda dengan stand-stand lain dengan kualitas produk yang tinggi juga, tidak mustahil bagi pebisnis ini langsung kebanjiran pendapatan yang melimpah.

Threat
Sudah pasti ancaman untuk Mall Plaza Senayan adalah para pesaing-pesaingnya yang sedang kelaparan untuk memangsa Plaza Senayan. Sebagai sebuah Mall, Plaza Senayan harus mengadakan event-event yang unik dan inovasi. Jika pemilik Plaza Senayan tidak dapat membuat event-event yang menarik pengunjung, maka siap-siap lah akan menjadi mangsa oleh Mall-Mall besar sekitar Plaza Senayan seperti Senayan City

Itu saja yang dapat saya bagikan, bagi yang tidak paham silahkan menghubungi nomor di bawah ini...
SEE YA & GOOD BYE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar